Thursday 2 August 2018

KHASIAT JANTUNG PISANG.

ASSALAMUALAIKUM

MENFAAT JANTUNG PISANG


Jantung pisang juga mengandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Kandungan yang penuh gizi tersebut, siapapun pasti akan tergiur untuk mengolah jantung pisang menjadi masakan dan makanan yang lezat.  Adapun manfaat jantung pisang antara lain:
1. Mencegah stroke – Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.
2. Mencegah Kolesterol – Mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan
3. Menyehatkan Perut – Melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.
4. Makanan penderita diabetes – Baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.
5. Kaya serat – Mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.
6. Baik untuk diet – karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, daripada manfaat nasi putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah
7. Melancarkan siklus darah – karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.
8. Mencegah kanser – Mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.
9. Anti penuaan – Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal
10. Mencegah penyakit gondok – karena jantung pisang mengandung yodium
11. Menyembuhkan infeksi – karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri
12. Meningkatkan produksi sel darah merah – Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.
13. Mengontrol darah saat menstruasi – Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.
14. Memperbaiki mood – karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati.
15. Meningkatkan produktivitas ASI – Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu,

Share
https://manfaat.co.id/17-manfaat-jantung-pisang-untuk-kesehatan-pengobatan-dan-menu-masakan

17 comments:

  1. Selalu dan minat juga makan jantung pisang rebus cicah sambal belacan.
    Tak tau pulak khasiatnya banyak macam tu.

    ReplyDelete
  2. Mak saya suka rebus je, pastu cicah sambal belacan .. sedap banget

    ReplyDelete
  3. Masak lemak cili api pon sodap ni.. ada orang cara senang rebus sampai empuk dah boleh makan.

    ReplyDelete
  4. Rebus cicah sambal asam...tak pun sambal belacan...sedapnya.

    ReplyDelete
  5. tak sangka pulak banyak khasiatnya. teringat buku kasut kelopak jantung hahaha. by the way, saya first time datang sini dan terus follow sini sebab suka dengan cara awak menulis. kalau sudi meh lah singgah blog saya hehe. saya followers ke 304

    ReplyDelete
  6. Selain dari tau makan dan rasanya sedap, saya baru tau ada banyak khasiat jantung pisang ni.

    ReplyDelete
  7. TKSH WP BNYK SGT KHASIATNYA TU..JGN ABAIKNNYA WALAU BNYK KELILING RUMAH WP

    ReplyDelete
  8. TKSH AHMAD MUNIR MMG SEDAP TU REBUS BUAT ULAM CICAH

    ReplyDelete
  9. TKSH BRO AHMAD..MSK APA PUN OK JE SEDAP TU

    ReplyDelete
  10. TKSH AISYAH ELSA SUDI JADI FOLLOWER KARYAKU..ALHAMDULILLAH MOGA MNJALIN UKHWAH MESRA

    ReplyDelete
  11. TKSH FIDAH..KAK PUN BARU TAHU HEH..HEH..

    ReplyDelete
  12. walaupun boleh saya katakan tuntutan kesihatan yang sangat melampau ni mungkin kebanyakannya tiada bukti kesahihan yang boleh dirujuk, tapi kalau sekadar ikhtiar, boleh dicuba..

    ReplyDelete
  13. Zumal suka ulam jantung pisang, tak sangka banyak khasiatnya...

    ReplyDelete
  14. tingat pecal jantung pisang, tingat peristiwa yg x leh dilupakan lps tu... ;-)

    ReplyDelete

Terima kasih bersama Karyaku...Paridah Ishak. Komen anda amat dihargai... “Semoga Allah SWT akan membalas dirimu dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas dengan balasan yang terbaik.”

MyBloglist